Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Port yang ada pada Motherboard

Beberapa Port yang ada pada komputer

komputer terdiri dari CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse. Pada dasarnya CPU merupakan sistem atau console yang memiliki beberapa port. Dipembahasan kali ini saya akan menulis Port yang ada pada komputer tentunya dan apasih fungsi fungsi port tersebut. Pada umumnya port digunakan untuk menghubungkan antara monitor, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi.

Untuk jenis jenis yang ada pada port komputer, sudah memiliki standarnya masing masing seperti port untuk keyboard berbentuk bulat, tapi untuk sekarang sudah berbentuk USB tapi tergantung port yang digunakan yang mana pada kabel keyboard tersebut. Untuk pertama kalinya komputer dicimtakan hanya memiliki port serial dan port parallel. Pemasangan kabel monitor, Keyboard dan mouose harus sesuai dengan portnya. Dibawah ini saya akan memberikan fungsi fungsi port yang ada pada motherboard:

Jenis Jenis port yang ada pada motherboard:

1. Port Power Supplay

Port power supplay, Port ini fungsinya untuk menghubungkan power supplay ke motherboard




2. Port Serial

Port serial port ini biasanya memiliki sembilan pin yang biasanya digunakan untuk menghubungkan Mouse, joystick. Fungsi dari port ini adalah mengirim data 1 bit pada saat melalui kabel tunggal



3. Port Parallel

Port parallel yang digunakan untuk menghubungkan antara CPU sengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki port yang sama. Port parallel fungsinya untuk mengirim dan menerima beberapa bit pada saat mengirikan arus printer, modem, dan port penghubung disk drive.


4. PS / 2

PS / 2 port ini sering kita sebut dengan port serial 2 yang dimana fungsinya hanya untuk menghubungkan keyboard dan mouse.



5. USB (Universal Serial Bus)

Port ini merupakan multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal jadi fungsinya adalah untuk memasukkan Port USB yang sama dengan serialnya. Untuk saaat ini port inilah yang sering contohnya seperti flashdisk, mouse, keyboard dan masi\h banyak lagi yang menggunakna port ini. Kelebihan dari Port USB adalah kemudakhan untuk melakukan koneksi device komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB juga ketika kita pasangkan kekomputer tidak perlu untuk melakukan booting ulang karena bisa terotomasisai dengan ada driver dari komputer


6. Port video (monitor) / Port VGA

Port VGA berfungsi untuk menghubungkan monitor dengan CPU dan membuat monitor menampilkan isi dari cpu.



7. Port HDMI (High Definition Multimedia Interface)


Konektor ini juga bisa kita temui pada komputer atau leptop tipe yang terbaru HDMI meruopakan sebuah kabel HD untuk menghubungkan beberapa peralatan elektronik mulai dari home entertainment sampai komputer, adapun perbedaannya HDMI ini bisa menggantikan fungsi bebrapa kabel sekaligus. Contohnya bila anda ingin menghubungkan DVD player dengan TV, untuk itu anda harus menyiapkan 2 kabel yaitu yang pertama yaitu untuk kabel audio dan satunya lagi untuk kabel video. Dengan kedua kabel HDMI ini anada bisa menghubungkan menjadi satu sehingga instalasi lebih mudah.

HDMI juga mampu berkomunikasi secara 2 arah sehingga mantara alat yang satu dengan yang lainnya akan menghasilkan kualitas gambar yang HD san suara yang baik, HDMI juga mampu berkomunikasi secara 2 arah sehingga antara alat yang satu dengan yang lainnya untuk saling berinteraksi. Untuk update terakhir dari HDMI adalah dengan mengeluarkan HDMI ver 1.4 yang mampu menjadikan kabel HDMI sebagai pengganti kabel ethernet.



Baca Juga Komponen yang ada di komputer beserta fungsinya

8. Port network (RJ-45) / LAN

Port ini funsinya ialah untuk menghubungkan komputer satu dengan komputerlainnya (jeringan LAN), fungsinya untuk menghubungkan CPU dengan jaringan komputer. Port ini bisanya digunakan untuk menyambungkan komputer agar bisa terhubung ke internet.



9. Port sound card

Port ini memiliki tiga jenis (line in, out microphone), yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan audio (speaker, mic dan tv tuner)



10. Serial Port

Serial port atau biasa kita sebut dengan port serial, port ini merupakan sebuah port personal komputer yang fungsinya untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port ini pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekaligus yang disebabkan oleh pemindahan data biasanya serial port bekerja pada seri misalknya COM1 dan COM2. Untuk sekarang pengguna port serial sekarang ini sudah berkurang pesat dengan perkembangan teknologi port ini sudah digantikan oleh port USB dan Firewire.


Demikian penjelasan tentang port port yang ada pada motherboard, semoga artikel ini bisa membantu anda memahami apa itu jenis jenis port motherboard. Jika ada yang ingin anda tanyakan mengenai port yang ada pada motherboard anda bisa memberika komentar dibawah ini, Terima Kasih

#Jangan Lupa Like & Share

#Salam Luar Biasa



1 comment for "Mengenal Port yang ada pada Motherboard"